AD (728x60)

SERVICE DINAMO AMPERE GENSET

Share & Comment

 alternator akan diputar mesin melalui van belt dan
dihasilkanlah arus listrik yang akan mengalir ke semua peralatan dan
termasuk accu. Kalau tegangan yang dideteksi tinggi, maka secara otomatis,
arus yang dihasilkan alternator, akan kecil. Namun kalau tegangan nya
dideteksi rendah, maka secara otomatis arus yang dihasilkan alternator akan
besar dan hal ini akan membebani mesin. Arus yang dikeluarkan oleh
alternator dalam keadaan tegangan rendah ini, juga akan dibatasi, supaya
kumparan alternator dan dioda penyearahnya tidak rusak, karena over current
atau kelebihan arus. Nah besar arus maksimum inilah yang disebutkan sebagai
spesifikasi alternator.
Oleh karena itu, bila alternator atau dynamo ampere ini rusak maka genset tidak akan bisa distater. Meski aki masih baru sekali pun.  Alternator memang jarang sekali rusak kecuali masa pakai yang telah habis atau aus. Namun, alternator baru pun bisa rusak karena perlakuan yang salah. Satu diantara penyebab kerusakkan itu adalah beban cas yang jauh lebih besar ketimbang kapasitas maksimal peranti ini.
Umumnya, pabrikan merancang kapasitas alternator 40 – 60 amphere. Sedangkan usia  ideal  6 – 6 tahun. Tapi, bila perlakuan pemilik terhadap peranti ini bagus, maka akan lebih awet.

meleyeni service dinamo ampere
Dinamo ampere

TIPE AGAR ALTERNATOR CHARGE ATAU DINAMO AMPERE AWET 

1. Pastikan beben cas benar-benar sesuai kapasitas
Seperti disebutkan di atas, umumnya pabrikan merancang alternator memiliki kapasitas tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan peranti elektronik yang banyak mengkonsumsi tenaga setrum juga dibatasi agar tidak melebihi.
Bila penggunaan listrik itu hanya satu dua kali dilakukan,  penurunan kemampuan alternator tidak akan terlihat. Tapi bila hal itu dilakukan secara terus menerus, maka alternator akan mengalami penurunan kemampuan dalam menghasilkan arus listrik.“Tetapi kemampuan alternator tetap saja ada batasnya. Karena itu, perhatikan ketentuan dari pabrikan,”

2. Pastikan kutub Positif (+) dan Kutub negative (-) dengan benar
Pemasangan ini perlu diperhatikan serius.Pasalnya, bila pemasangan kutub salah, atau terbalik, maka kiprok akan jebol atau rusak. Begitupun dengan berbagai kabel kelistrikan.
Bila pemasangan kabel-kabel itu tidak tepat, selain menyebabkan listrik boros juga berpotensi IC alternator cepat rusak.
Pemasangan kabel yang perlu diperiksa itu juga termasuk kabel plus alternator ke kabel plus aki. Sebab, bila sambungannya tidak tepat atau renggang dan putaran mesin tinggi maka alternator akan rusak.

3. Pastikan V-Belt terpasang dengan benar
Satu hal yang wajib Anda perhatikan adalah, tingkat ketegangan atau posisi V-Belt jangan terlalu kencang dan  kendor. Bila terlalu kencang maka putaran alternator dipaksa melebihi kapasitas atau kemampuannya.
“Akibatnya laher alternator akan rusak,” 
Begitu pun bila tali atau sabuk itu terlalu kendor, tarikan akan tersendat-sendat. Sehingga, selain arus listrik yang dihasilkan tidak konstan, laher alternator juga cepat rusak.
Bahkan, perangkat control genset yang menggunakan sumber strum dari alternator dan aki akan cepat rusak. Pasalnya, asupan listrik yang mengalir ke perangkat tersebut tidak ajeg.

4. Kabel Plus (+) jangan shot body
Bila itu terjadi, maka akan memicu hubungan arus pndek atau korslet. Akibatnya, alternator atau dynamo ampere akan rusak. “Oleh karena itu sangat disarankan untuk memasang pengaman pada kutub plus.
Selain itu, sebaiknya memeriksa kondisi alternator secara rutin minimal tiga bulan sekali. “Pada saat ganti oli, di bengkel biasanya ada perlengkapan deteksi kondisi aki dan alternator,” 
Mungkin diantara kita ada yang belum mengetahui cara mengetahui kondisi altenator genset kita. semoga tips ini bermanfaat.

Cara Mengetetahui dinamo ampere rusak
Pertama-tama kita stater mesin seperti biasa, biarkan stationer beberapa saat. Kemudiabn setelah itu kita lepas salah satu kutub kabel accu (boleh yang plus atau yang minus). Apabila mesin tetap hidup setelah kabel accu dilepas berarti kondisi dinamo ampere normal alias masih mengisi strum. Apabila mesin langsung mati ketika kabel dilepas berarti dinamo ampere tidak mengisiatau rusak ( hanya untuk genset energiser to run )


Tags: , , ,

Supports by

Electrical panelindo melayani service genset dan pembuatan panel listrik ( panel maker ) Hubungi 081318261117.

 

Troubel shouting

Product

Copyright © INFO SERVICE GENSET | Designed by Templateism.com