AD (728x60)

SERVICE / UPGRADE AVR GENERATOR

Share & Comment
 AVR merupakan satu element penting dari generator yang kita tahu Generator berfungsi sebagai pengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Energi mekanik ini dapat berasal dari berbagai sumber seperti air, tekanan uap air, mesin diesel dan lain-lain. Generator bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik yaitu dengan memutar suatu kumparan dalam medan magnet sehingga timbul GGL induksi. Medan magnet yang dihasilkan didalam rotor disebabkan oleh arus eksitasi yang dialirkan khusus untuk mengatur nilai medan yang harus terjadi.  Prinsip kerja dari AVR  adalah mengatur arus penguatan (excitacy) pada exciter. Apabila tegangan output generator di bawah tegangan nominal tegangan generator, maka AVR akan memperbesar arus penguatan (excitacy) pada exciter. Dan juga sebaliknya apabila tegangan output generator melebihi tegangan nominal generator maka AVR akan mengurangi arus penguatan (excitacy) pada exciter. Dengan demikian apabila terjadi perubahan tegangan output generator akan dapat distabilkan oleh AVR secara otomatis dikarenakan dilengkapi dengan peralatan seperti alat yang digunakan untuk pembatasan penguat minimum ataupun maximum yang bekerja secara otomatis.
Sistem eksitasi adalah sistem yang mengatur pasokan listrik DC ke generator yang berfungsi sebagai penguatan atau pembangkit medan magnet sehingga dengan adanya medan magnet tersebut maka akan dihasilkan tegangan keluaran generator yang bergantung dari arus eksitasi tersebut. Pada suatu generator, exciter merupakan sumber medan magnet yang diperoleh dengan melakukan arus searah ke dalam belitan dengan inti besi sebagai lintasan magnetiknya.
Rangkaian AVR  mendeteksi tegangan output generator dan mengeluarkan sinyal kontrol seiring dengan perubahan output generator tersebut, sinyal yang dihasilkan diberikan kepada rangkaian Firing Circuit untuk mengendalikan sudut penyalaan pada thyristor sehingga dapat merubah tegangan output pada rangkaian penyearah thyristor dan untuk mengendalikan besaran eksitasi ke generator.
melayani service avr genset
AVR

Rankain avr

Berikut bagian-bagian dan fungsi dari AVR  diantaranya :
Signal Mixer
Rangkaian ini memiliki tiga jenis sinyal input: adding, auctioneering, dan limiting, sehingga dapat mencampur sinyal dengan cara yang berbeda.
Sebuah sinyal kontrol dapat membatasi berbagai sinyal input lain. Keluaran dari rangkaian (modul) ini memberikan pulsa ke generator untuk diubah menjadi sudut pembukaan thyristor, dengan mengontrol keluaran dari rangkaian power thyristor.
Kemudian, ketika eksitasi dinaikkan atau diperbesar, keluaran dari modul ini adalah berpolaritas negatif. Begitu pula jika eksitasi diturunkan, output dari modul ini adalah berpolaritas positif.
Damping
Rangkaian damping digunakan untuk meningkatkan stabilitas sistem eksitasi. Sinyal input dari modul ini sebanding dengan tegangan output dari signal mixer.
Output dari rangkaian ini adalah nol ketika tegangan output dari Signal Mixer berada dalam kondisi stabil; ketika kondisi berubah, modul ini memberikan output yang sebanding dengan gradien tegangan output dari Signal Mixer. Output dari modul kemudian diumpankan ke voltage error detector, minimum excitation limiter dan over excitation limiter
Minimum Excitation Limiter
MEL (minimum eksitasi limiter) yaitu untuk mencegah terjadinya output yang berlebihan pada generator dan adanya penambahan penguatan (excitacy) untuk meningkatkan tegangan terminal generator pada level konstan.
Rangkaian ini digunakan untuk mendeteksi operasional dari generator yaitu dengan mendeteksi keluaran tegangan dan arus pada generator. Rangkaian ini juga digunakan untuk membandingkan keluaran tegangan generator dengan eksitasi minimum yang telah diseting. Rangkaian ini akan memberikan batas sinyal pada rangkaian AVR apabila melebihi eksitasi minimum, kemudian output dari MEL (Minimum Eksitasi Limiter) dikuatkan oleh amplifier.
Over Excitation Limiter
Input ke over excitation limiter adalah sinyal tegangan sebanding dengan eksitasi mesin sinkron.
Sinyal ini berasal dari field current sensor dan dibandingkan dengan tegangan referensi diatur di bagian detector. Setiap kali sinyal melebihi referensi, sirkuit waktu akan beroperasi. Pada saat tertentu, salah satu sinyal dari sinyal output dari modul ini diumpankan untuk mengurangi arus eksitasi ke modul signal mixer. Pada saat yang sama sinyal alarm (kontak relay) diumpankan ke sirkuit luar.
Pulse Regulator
Sinyal dibandingkan dengan sinyal output feedback dari exciter thyristor dan sinyal perbedaan dibandingkan dengan sinyal output dari modul sinkronisasi sinyal (output fase rangkaian pergeseran) dengan rangkaian komparator.
Output dari rangkaian komparator mengontrol output dari exciter thyristor dengan memvariasikan waktu dari pulsa.
Automatic Follower
Fungsi dari automatic follower untuk mengontrol voltage adjuster (90R) atau manual voltage adjuster (70R) dan mengatur output tegangan dari AVR ke 0. Sinyal output dari AVR, SVRT MODUL, diberikan untuk sinyal masukan. Sinyal ini diperkuat, dikonversi ke nilai absolut dan diberikan kepada rangkaian komparator. dalam rangkaian komparator, sinyal masukan itu dibandingkan dengan sinyal referensi yang ditetapkan oleh potensiometer. Sinyal penyimpangan ini dikonversi menjadi sinyal pulsa. Sinyal pulsa ini suplai untuk tegangan adjuster 
Automatic Voltage Adjuster
Merupakan pengatur tegangan excitacy. Alat ini mengatur atau menyeting besarnya masukan pada AVR yang untuk menentukan besarnya tegangan induksi generator. Alat ini seperti halnya trafo step down dikarenakan alat ini dapat menurunkan tegangan. Besarnya tegangan output pada rangkaian ini identik dengan besar tegangan output pada generator.
Fungsi  memberikan referensi tegangan terminal generator, dengan range -20% ~ + 10% dari tegangan terminal. Saat diaktifkan raise/lower pada interface atau dari sinyal eksternal , rangkaian counter lanjut menghitung dan tegangan output berubah.
Manual Voltage Adjuster
Fungsi memberikan pengaturan field voltage generator, dengan range 30% sampai 110% dari field voltage. Saat diaktifkan raise/lower pada interface atau dari sinyal eksternal , rangkaian counter lanjut menghitung dan tegangan output berubah.

Pada dasarnya avr dari pabrikasi jarang ada support teknisnya untuk itu jalan satu-satunya Avr di ganti atau di upgrade dengan avr lain yang sesui dan kompitebel dengan generatornya. HUBUNGI KAMI untuk penggantian atau upgrade AVR
ELECTRICAL PANELINDO
Tags: , , ,

Supports by

Electrical panelindo melayani service genset dan pembuatan panel listrik ( panel maker ) Hubungi 081318261117.

 

Troubel shouting

Product

Copyright © INFO SERVICE GENSET | Designed by Templateism.com