service genset

RUGI YANG TERJADI PADA GENERATOR

Share & Comment
RUGI YANG TERJADI PADA GENERATOR

• Energi yang terserap menjadi energi mekanik dari nilai kalor bahan bakar adalah sekitar 38 % dari nilai kalor satuan bahan bakar, Rugi kalor gas buang sekitar 35 %, rugi panas air pendingin (panas yang terserap air radiator ) sebesar 25 %, Rugi panas radiasi dari mesin sebesar 2 %.

• Energi mekanik yang didapat sebesar 38 % masih di kurangi energi mekanik dari kipas radiator, energi mekanik pompa sirkulasi air radiator, energi mekanik pompa sirkulasi minyak pelumas dan energi mekanik Alternator charging battery sehingga menjadi energi mekanik output engine dalam satua Kwm ( killowatt mekanik )

• Energi mekanik ini satu poros / shaft dengan generator dimana generator listrik ini juga mempunyai effisiensi yang berarti mempunyai rugi :

Melayani service generator
RUGI YANG TERJADI PADA GENERATOR

  Rugi Generator meliputi :

o Rugi tembaga : dimana rugi rugi ini sebanding dengan arus yang mengalir ke stator dengan rumus perkalian tahanan lilitan di kalikan dengan arus : I R dikenal dengan istilah electrical loss.

o Rugi inti besi : dimana adanya arus eddy current yang melewati inti besi dan hyterisis yaitu pertentangan medan magnet antara kutub stator dan kutub rotor yang berinteraksi.

o Rugi exsitasi dimana jika beban terlalu induktif ada pergeseran arus armatur sehingga terjadi pengurangan besar flux rotor yang disebut demagnetisasi sehingga diperlukan arus eksitasi sedikit lebih karena cebderung tegangan menurun karena demagnetisasi tersebut.

o Rugi angin / kipas pendingin yang digunakan untuk sirkulasi udara dingin dari dalam generator keluar generator yang menggunakan tenergi mekanik dari mesin atau disebut dengan istilah windage loss.

o Rugi gesekan : Rugi gesekan ini sangat kecil sekali sehingga tidak terlalu diperhitungkan, biasanya terdapat pada bearing generator atau generator yang masih menggunakan sikat sikat exciter.

o Rugi kebocoran flux. Dimana tidak sepenuhnya flux medan magnet terserap menjadi arus listrik karena mekanisme dari armatur dan rotor 


Hubungi kami

Tags: , , , ,

Supports by

Electrical panelindo melayani service genset dan pembuatan panel listrik ( panel maker ) Hubungi 081318261117.

 

Troubel shouting

HUBUNGI KAMI

Product

MAP

Copyright © INFO SERVICE GENSET | Designed by Templateism.com